Napak Tilas SMK KORPRI Majalengka

    Dibaca 314 kali

Peserta didik kita saat ini masuk sebagai Generasi Z yang menerima arus informasi secara cepat melalui media internet. Sebagian informasi ini mengandung nilai-nilai yang kadang tidak sesuai dengan nilai-nilai tradisi luhur Indonesia. Bila mereka terus terpapar, dikhawatirkan nilai-nilai tradisi asing ini secara halus dan perlahan-lahan akan menggantikan nilai tradisi lokal yang luhur ini. Sebagai tempat penyemai karakter bangsa, sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan yang bisa menumbuhkan karakter-karakter baik dalam diri peserta didik.

Sekolah bisa melakukannya antara lain dengan cara mengajak peserta didik mengidentifikasi tradisi-tradisi luhur atau kearifan-kearifan lokal masyarakat yang mulai terlupakan. Tradisi-tradisi baik bangsa umumnya bertujuan untuk memelihara kehidupan bersama, merekatkan silaturahmi, dan mengajak manusia untuk memelihara alam. Dengan mengajak peserta didik menyelami nilai-nilai luhur tersebut, sekolah sudah menjalankan salah satu fungsinya sebagai tempat pembentukan karakter Pancasila.

Kabupaten Majalengka ternyata memiliki beberapa tempat peninggalan bersejarah yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Wisatawan bisa berwisata sambil belajar sejarah yang ada di Majalengka. Tempat peninggalan sejarah di Majalengka ada karena peristiwa yang terjadi di masa lalu yang telah dilewati sehingga tentu saja meninggalkan bekas atau jejak seperti bangunan, hutan dan museum dari peristiwa yang pernah terjadi. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu khususnya generasi muda di Majalengka mengenai tempat-tempat bersejarah tersebut dan cerita dibaliknya. “JAS MERAH, jangan sekali – kali lupakan sejarah” – Soekarno, merupakan suatu keniscayaan yang harus di pahami oleh generasi penerus bangsa.

Diharapkan dengan kegiatan projek ini peserta didik sebagai generasi muda dapat mengetahui peninggalan Sejarah di lingkungannya sehingga timbul rasa bangga dan peduli terhadap warisan leluhurnya,dan dapat belajar dari pengalaman masa lampau sejalan dengan tujuan dari Profil Pelajar Pancasila dimensi kebhinekaannglobal dengan tema Kearifan Lokal dapat tercapai, dengan sasaran utama kelas X SMK KORPRI Majalengka, dan kelas XI serta kelas XII sebagai pendukung pembelajaran.

Statistik Pengunjung

    Online:2
    Hari Ini:144
    Kemarin:214
    Bulan Ini:4687
    Tahun Ini:20757
    Total:105049

    MITRA

    whatsapp