Ekstrakulikuler OLAH VOCAL

    Dibaca 2959 kali

 

 

 

Paduan suara atau koor adalah sebuah asambel yang terdiri dari sekelompok penyanyi dan pemain musik yang saling berkolaborasi membawakan lagu-lagu. Istilah paduan suara diambil dari terjemahan kata koor dalam bahasa Belanda, sedangkan untuk bahasa Inggris paduan suara adalah choir. Jika melihat sejarah panjang paduan suara atau choir adalah bermula sejak 3000 tahun sebelum Masehi pada masa Yunani Kuno.

Pada masa tersebut, paduan suara lebih identik untuk ritual keagaman. Namun, seiring berjalannya waktu sejarah membawa seni music ke tujuan yang lebih luas, yakni ritual agama, penyajian estetis, dan hiburan. Hal ini juga berlaku pada paduan suara. Kini kita dapat menjumpai paduan suara di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, kantor, maupun beberapa Lembaga atau pelatihan kursus music.

Pengertian koor yang mengarah pada sekelompok penyanyi tersebut juga mencakup kelompok vocal atau vocal grup meskipun terkadang keduanya diartikan berbeda. Paduan suara pada umumnya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang juga merangkap sebagai pelatih paduan suara tersebut.

Pembagian suara pada choir biasanya mencakup sopran, alto, tenor, bas. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk pembagian suara lebih dari itu. Jenis-jenis paduan suara ada banyak. Berikut jenis jenis paduan suara yang dibedakan berdasarkan beberapa kategori

Statistik Pengunjung

    Online:2
    Hari Ini:45
    Kemarin:186
    Bulan Ini:2971
    Tahun Ini:19041
    Total:103333

    MITRA

    whatsapp